Safitri Nurrohmaningrum

Jawaban :

Safitri Nurrohmaningrum

Title

  1. Dalam hal hubungan keluarga antara Bapak A dengan Direktur Integritas Utama, terdapat potensi adanya konflik kepentingan. Terkait dengan prinsip pelaksanaan Audit yaitu Independence dan bebas konflik kepentingan maka beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu : Menandatangani Pakta Integritas dan Bapak A tidak dapat mengaudit (wawancara) Direktur tersebut, Sehingga wawancara atau proses audit dengan direktur dilakukan oleh tim audit lain. Selain itu juga prinsip Integrity juga mengharuskan auditor untuk bekerja tanpa ada keberpihakan.
  2. Dalam prinsip Confidentiality, auditor harus bijak dalam menggunakan dan melindungi informasi. Untuk itu ketika teradapat pihak lain yang meminta informasi tidak diberikan informasi tersebut.
  3. Sesuai dengan prinsip confidentiality maka auditor SMAP tersebut tidak boleh memberikan ijin kepada Auditee selama belum dilakukan closing meeting.
  4. Terkait dengan prinsip fair presentation, Temuan audit, kesimpulan audit, dan laporan audit harus dibuat secara jujur. Selain itu berdasarkan pada Due Profesional care, maka keputusan yang dibuat oleh auditor harus beralasan dalam situasi audit apapun dan memperhatikan tugas dan kepercayaan yang diemban.