Muhammad Haidar

Jawaban :

Muhammad Haidar

Title

JAWABAN NO 1

Audio-visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan juga unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi 2 jenis media auditif (mendengar) serta visual (melihat). Media Audiovisual merupakan sebuah alat bantu audiovisual yang berarti bahan atau alat yang digunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan serta kata yang diucapkan dalam memberi pengetahuan, sikap, dan ide.

JAWABAN NO 2

Ciri-Ciri Audio Visual

Pada Umumnya bersifat linier.Pada umumnya menyajikan visual yang dinamis.Digunakan dengan cara yang telah di terapkan sebelumnya oleh perancang ataupun pembuatnya.Berupa representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak.Dikembangkan dengan prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif.Biasanya berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murid yang rendah.

JAWABAN NO 3

Jenis-jenis Audio Visual

Audio-Visual Murni

  1. Audio-visual murni atau biasa disebut juga dengan audio-visual gerak adalah media yang dapat menampilkan unsur suara serta gambar yang bergerak, unsur suara atau unsur gambar itu berasal dari suatu sumber.

Film Bersuara

  1. Film bersuara ada berbagai macam jenis, ada yang digunakan untuk hiburan, misalnya film komersial yang diputar di bioskop-bioskop. Namun, film bersuara yang dimaksud dalam pembahasan ini ialah film sebagai alat pembelajaran.

Video

  1. Video adalah sebuah media audio-visual yang menampilkan gerak, semakin lama semakin populer dalam masyarakat kita. Pesan yang disampaikan bisa bersifat fakta ataupun fiktif, bersifat informative, edukatif serta instruksional.

Televisi

  1. Selain film dan video, televisi adalah media yang menyajikan pesan-pesan pembelajaran secara audio-visual serta unsur gerak didalamnya.

JAWABAN NO 4

Audio-Visual tidak murni

  1. Audio Visual tidak murni ialah media yang unsur suara serta gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Audio-visual tak murni biasa disebut dengan audio-visual diam plus suara adalah media yang menampilkan suara disertai gambar diam, Misalnya Sound slide (Film bingkai suara).

Fungsi Audio Visual

Fungsi edukatif

  1. Menyampaiakan pengaruh yang bernilai pendidikan, mendidik siswa serta masyarakat supaya berfikir kritis, memberi pengalaman yang bermakna serta mengembangkan dan memperluas cakrawala berpikir siswa.