• Mutu Institute BGS

Ini 8 Manfaat Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pelatihan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) sangat dibutuhkan baik bagi perusahaan maupun bagi para karyawan dan pekerja. Pasalnya, keselamatan dan kesehatan kerja dapat meminimimalisasi jumlah kecelakaan kerja, risiko, sekaligus penyakit di tempat kerja.


Penjelasan tentang K3 dan Sertifikasi

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi salah satu hal yang dianggap penting, baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Semua perusahaan dengan kriteria tertentu bahkan wajib menerapkan persyaratan K3 ini. Dengan demikian, sebuah perusahaan mampu mendukung keselamatan semua pekerja dan karyawannya.


Perlunya Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Ahli K3 Umum ini adalah seorang tenaga kerja dengan keahlian khusus untuk mengawasi pekerjaan, agar sesuai dengan persyaratan dalam undang-undang. Dengan demikian, risiko, kecelakaan, insiden, serta penyakit yang ditimbulkan akibat kerja dapat diminimalkan. Ahli K3 Umum ini ditunjuk langsung oleh Menteri Tenaga Kerja.


Pelatihan Ahli K3 Umum merupakan bentuk seleksi, penilaian, atau pelatihan khusus bagi individu yang ingin menjadi ahli K3. Jika sudah bersertifikat Pelatihan K3 Umum ini, Anda akan memiliki wewenang menjadi ahli K3 di perusahaan.


Manfaat Mengikuti Pelatihan Ahli K3 Umum

Pelatihan Ahli K3 Umum tentunya memiliki tujuan yang bermanfaat bagi para peserta pelatihan. Inilah perlunya training K3 bagi individu terkait dan perusahaan.

  1. Mampu Melakukan Pembinaan Operasional K3 Peserta mampu melakukan pembinaan operasional K3 di lingkup perusahaan maupun instansi tempatnya bekerja.

  2. Mampu Memahami Situasi di Lingkungan Kerja Setelah mengikuti pelatihan ahli K3 umum, peserta akan dapat memahami situasi yang terjadi di lingkungan kerja dengan lebih mudah. Selain itu, peserta juga tidak kesulitan mencari faktor penyebab, cara mengatasi masalah, hingga tindakan pencegahan, sehingga insiden tidak berulang.

  3. Mengurangi Angka Kecelakaan dan Penyakit Akibat Kerja Selain dapat mengurangi angka kecelakaan dan penyakit yang terjadi di tempat kerja, pelatihan K3 umum juga mampu meningkatkan kinerja karyawan. Dengan demikian, keselamatan dan kesehatan kerja akan lebih terjamin.

  4. Meningkatkan Citra Positif Bagi Perusahaan Memiliki sertifikat K3 umum memang tidak akan merugikan. Bahkan, perusahaan atau instansi akan lebih meningkatkan citra positif di mata klien, pemerintah, vendor, dan masyarakat.

  5. Mendapatkan Kepercayaan dari Mitra Kerja Perusahaan Selain dapat meningkatkan citra positif bagi perusahaan, pelatihan K3 juga dapat meningkatkan kepercayaan mitra kerja. Hal ini disebabkan mitra kerja perusahaan akan merasa lebih aman, bebas dari insiden dan kerugian yang disebabkan kecelakaan kerja.

  6. Meningkatkan Profit Perusahaan Sertifikasi dapat meningkatkan profit perusahaan, karena perusahaan memiliki citra yang positif di mata pemerintah, klien, masyarakat, serta vendor. Hal ini disebabkan perusahaan mampu mencegah serta meminimalisasi kerugian apabila terjadi insiden.

  7. Sertifikasi K3 Menjamin Finansial Karyawan Setelah mengikuti pelatihan ahli K3 umum ini dan memperoleh sertifikat K3, karier Anda akan lebih baik yang tentunya berimbas pada meningkatnya penghasilan. Standar gaji Ahli K3 Umum bisa dikatakan sangat memadai. Ke depannya, profesi ini bisa dibilang cukup menjanjikan.

  8. Mendukung Promosi Jabatan di Tempat Kerja Sertifikasi K3 dibutuhkan di hampir semua perusahaan. Oleh karena itu, karier Anda bisa melesat setelah mengikuti pelatihan ini karena menunjang promosi jabatan di kantor. Selain itu, Anda akan mendapatkan pengalaman berbeda di perusahaan yang baru dengan mudah.


Mutu Institute sebagai Tempat Sertifikasi Pelatihan K3

Mengingat perlunya pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja ini, Mutu Institute pun hadir sebagai tempat Sertifikasi Pelatihan K3 yang profesional. Lembaga ini secara resmi atau terdaftar dan diakui berbagai lembaga baik nasional maupun international.

Selain itu, Mutu Institute menyediakan trainer yang berkompetensi penuh dalam pengajaran materi hybrid training dengan materi yang terstruktur dan lengkap.


Belum lagi, sebagian besar pelatihan dilakukan secara online, sehingga harganya bisa lebih terjangkau. Selain itu, waktu dan tempat juga bisa menyesuaikan sehingga praktis dan mudah. Nah, jika ingin mendapat sertifikasi Ahli K3 Umum, Mutu Institute menjadi tempat yang tepat jika Anda ingin berkarier di bidang ini.


Baca Juga : Pelatihan Ahli K3 Umum | Sertifikasi Insiden Investigasi

13 views

© 2019 Mutu Institute. All rights reserved.
All content of this website is owned by Mutu Institute. You may not copy, redistribute, or use any part of the content without written permission of Mutu Institute.

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube
  • LinkedIn Social Icon