• Mutu Institute BGS

Manfaat Menerapkan Sistem Manajemen K3

Keamanan serta perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja merupakan tanggung jawab semua perusahaan. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk mematuhi aturan pemerintah, tapi juga melindungi hak-hak para pekerja agar proses di dalam perusahaan berjalan dengan baik. Masing-masing perusahaan memiliki metode berbeda dalam pengendalian risiko dan pencegahan kecelakaan. Anda dapat mencari tahu perbedaannya dengan mengikuti pelatihan K3.


Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau yang disingkat SMK3 merupakan salah satu unsur dari seluruh prosedur K3 termasuk struktur organisasi perencanaan, prosedur proses, sumber daya yang diperlukan untuk mencapainya, pengkajian serta pemeliharaan terhadap kebijakan terkait untuk menciptakan tempat kerja yang aman dan lain sebagainya.


Manfaat Penerapan Sistem Manajemen K3

Penerapan sistem K3 memiliki beberapa manfaat antara lain:

  1. Untuk Melindungi Karyawan Pekerja atau karyawan merupakan aset yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Penerapan SMK3 di dalam perusahaan bertujuan untuk melindungi semua bentuk kesalahan proses kerja yang dapat mengakibatkan kerugian (baik fisik, psikis maupun materil). Penerapan SMK3 diharapkan mampu mengurangi tingkat kecelakaan kerja. Selain membuat karyawan merasa aman, perusahaan juga akan diuntungkan.

  2. Untuk Mematuhi Aturan dan Undang-undang yang Berlaku Untuk menjalankan bisnis, perusahaan harus beroperasi sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku. Selain terlihat lebih ‘sehat’, perusahaan yang patuh pada aturan akan lebih tertib dan lebih baik citranya di mata publik. Tidak sedikit contoh perusahaan yang mengabaikan prosedur K3 harus berakhir mendapatkan masalah. Baik masalah dengan pekerja, pihak berwenang hingga penduduk setempat.

  3. Untuk Menaikkan Tingkat Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Dalam sebuah bisnis, banyak pelanggan yang memberikan syarat pada supplier atau pemasok mereka agar menerapkan SMK3 atau OHSAS 18001. Adanya salah satu sertifikat yang membuktikan hal tersebut akan memberikan jaminan bahwa semua proses yang terjadi di dalam perusahaan berlangsung aman dan tertib. Artinya, produksi barang yang rusak maupun cacat dapat diminimalisir. Selain itu, angka kecelakaan yang rendah juga menjadi bukti perusahaan mampu beroperasi penuh dan normal. Ini menjadi jaminan kontinuitas kemampuan perusahaan dalam menyediakan stok yang dibutuhkan pelanggan. Tidak sedikit pelanggan yang bahkan langsung melakukan audit K3 untuk memastikan bahwa perusahaan yang mereka ajak berbisnis mampu bekerja sama dalam waktu lama dengan mereka.

  4. Untuk Menciptakan Sistem Manajemen yang Efektif Penerapan SMK3 atau OHSAS 18001 akan membuat sistem manajemen keselamatan tertata lebih efektif. Di dalam prosedur pelaksanaan K3, disyaratkan adanya dokumentasi sehingga semua kegiatan akan lebih terorganisir, terarah dan berada pada jalur yang tepat. Dokumentasi ini juga kelak bisa dijadikan bukti jika ternyata terjadi ketidaksesuaian di lapangan. Dalam penerapan SMK3, semua dilakukan sesuai dengan alur kerja atau flowchart-nya. Mulai dari perencanaan, pengendalian, peninjauan kembali, feedback, perbaikan hingga pencegahan. Keteraturan ini akan membentuk sistem manajemen yang efisien dan efektif. Untuk membantu Anda dan perusahaan menerapkan Sistem Manajemen K3, semua komponen di dalam perusahaan wajib dibekali dengan pemahaman tentang keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja. Pelatihan K3 dapat membantu Anda memberikan pengetahuan mendalam. Mutu Institute sebagai salah satu lembaga pelatihan resmi, siap membantu siapapun yang ingin memperdalam pengetahuan hingga cara penerapan SMK3 di perusahaan mereka lewat pelatihan K3. Dengan tenaga trainer profesional, dapatkan pelatihan K3 dengan kualitas terbaik hanya bersama Mutu Institute.


Baca Juga : Pelatihan Ahli K3 Umum | Sertifikasi Insiden Investigasi

© 2019 Mutu Institute. All rights reserved.
All content of this website is owned by Mutu Institute. You may not copy, redistribute, or use any part of the content without written permission of Mutu Institute.

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube
  • LinkedIn Social Icon