© 2019 Mutu Institute. All rights reserved.
All content of this website is owned by Mutu Institute. You may not copy, redistribute, or use any part of the content without written permission of Mutu Institute.

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube
  • LinkedIn Social Icon
  • Mutu Institute BGS

Mengenal Penting dan Wajibnya Pelatihan K3 Ahli Kimia

Pelatihan K3 Ahli Kimia merupakan cara untuk menyiapkan tenaga ahli kimia dalam operasional sebuah pabrik atau perusahaan yang menggunakan mengolah, menyimpan, mengedarkan, mengangkut, dan mempergunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Kegiatan ini dapat dilakukan atas inisiatif individu sebagai salah satu bekal profesionalisme maupun fasilitas perusahaan atau pabrik terhadap tenaga kerjanya guna menjaga keselamatan dan kesehatan kerja dari bahan-bahan kimia destruktif di lingkungan kerja.


Ancaman Bahaya Bahan Kimia

Sebagaimana yang termuat dalam peraturan pemerintah, kegiatan industri yang mengolah, menyimpan, mengedarkan, mengangkut, dan mempergunakan bahan-bahan kimia berbahaya akan terus meningkat seiring dengan terjadinya perkembangan pembangunan. Salah satu potensi risiko dari kegiatan ini pun tak lain adalah munculnya bahaya besar tak cuma bagi industri, tetapi juga bagi tenaga kerja, lingkungan, maupun sumber daya lainnya.


Oleh karena itu, penggunaan bahan kimia berbahaya di tempat kerja perlu diatur pengendaliannya. Dalam rangka mencegah penyakit dan kecelakaan karena kerja yang disebabkan oleh bahan kimia tersebut, dibutuhkan seorang ahli K3 kimia dalam industri terkait.


Kewajiban K3 Ahli Kimia dalam Perusahaan

Keberadaan ahli K3 kimia dalam industri bukannya tanpa alasan. Bayangkan saja terdapat sebuah pabrik A yang bisnisnya mengolah kosmetik dan tiba-tiba mengalami kebocoran pipa di ruang produksi. Hal ini tentu harus ditangani dan cepat dan tepat. Oleh karena permasalahan ini sangat spesifik dan dapat menjadi kompleks, maka tak ada orang yang lebih pas untuk menanganinya selain ahli K3 kimia.


Selain risiko di atas, perizinan juga menjadi salah satu alasan mengapa sangat dibutuhkannya seorang ahli K3 kimia dalam pabrik atau perusahaan yang menggunakan bahan-bahan kimia. Tanpa dipenuhinya syarat ini, instansi terkait pun akan sulit mendapatkan izin seputar penggunaaan bahan kimia tertentu dalam pabrik dan mengganggu operasional. Bahkan bukan tak mungkin, izin operasional akan diberhentikan dan perusahaan pun harus tutup.


Regulasi Pemerintah

Kewajiban adanya seorang ahli K3 Kimia pada industri merujuk pada UU No. 1 Tahun 1970 tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan selengkapnya pada Keputusan Menaker No.KEP.187/MEN/1999 tentang Pengendalian Bahan Kimia Berbahaya di Tempat Kerja. Untuk mendapatkan seorang ahli K3 Kimia ini pun dilakukan melalui program sertifikasi.


Program sertifikasi ini berupa pelatihan K3 ahli kimia kepada individu, baik yang melakukan keikutsertaan secara pribadi atau melalui perusahaan. Secara garis besar, tujuan pelatihan adalah untuk membuat peserta memahami sinyal bahaya yang disebabkan oleh bahan kimia baik terhadap tenaga kerja maupun lingkungan perusahaan, mampu melakukan penilaian terhadap keamanan lingkungan dari bahan kimia, mampu melakukan penanggulangan yang tepat terhadap keadaan darurat akibat masalah dari bahan kimia, dan lain-lain.


Memilih Jasa Sertifikasi

Program sertifikasi pelatihan K3 ahli kimia juga tidak dapat dilakukan oleh sembarangan. Biaya yang dikeluarkan untuk program ini memang tidak murah, sehingga jangan tertipu dengan nominal rendah yang ditawarkan. Adapun salah satu cara untuk mengecek apakah jasa sertifikasi tersebut terpercaya atau tidak adalah dengan mengecek perizinan sertifikasi yang dimilikinya.


Mutu Institute adalah jasa pelatihan dan konsultasi manajemen yang telah bekerja sama dengan LSP LSK-K3 ICCOSH di tahun 2016. Kami pun telah terdaftar di BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sebagai lembaga personil bidang kesehatan dan keselamatan kerja.


Pada pertengahan tahun 2017, kami juga telah mengembangkan layanan pelatihan yang diakui secara internasional, yakni ISO 37001 dan ISO 27001 melalui kerja sama dengan PECB. Di tahun 2019, Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Perkebunan melalui Komisi ISPO pn secara resmi menunjuk Mutu Institute sebagai Lembaga Penyelenggara Pelatihan ISPO.


Karena itu, Anda tak perlu ragu untuk mempercayakan layanan sertifikasi pada kami. Adapun selain pelatihan K3 ahli kimia, Mutu Institute juga melayani berbagai puluhan pelatihan lainnya baik di bidang perkebunan, kehutanan, sistem manajemen, dan laboratorium.


Baca Juga : Pelatihan Ahli K3 Umum | Sertifikasi Insiden Investigasi