© 2019 Mutu Institute. All rights reserved.
All content of this website is owned by Mutu Institute. You may not copy, redistribute, or use any part of the content without written permission of Mutu Institute.

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • YouTube
  • LinkedIn Social Icon

SVLK

Apa itu SVLK?
 

SVLK adalah persyaratan untuk memenuhi legalitas kayu/produk yang dibuat berdasarkan kesepakatan para pihak (stakeholder) kehutanan yang memuat standard, kriteria, indikator, verifier, metode verifikasi dan norma penilaian (Permenhut  No. P.38/Menhut-II/2009 Pasal 1 Ayat 10).

Prinsip dari VLK adalah menguji keterlacakan sejak dari produk kayu mundur ke sumber/asal usul kayu dan sekaligus menguji pemenuhan kewajiban daan ketaatan terhadap peraturan yang berlaku yang mengalur secara konsisten. Karena sertifikat LK ini bersifat mandatory, maka semua perusahaan kehutanan di Indonesia wajib mengikuti SVLK.

Mengapa SVLK penting untuk diterapkan?

Banyaknya tudingan dari luar negeri yang mengatakan bahwa di Indonesia masih banyak terjadi pelanggaran-pelanggaran di bidang kehutanan terutama pembalakan liar. Tudingan tersebut telah menekan pemasaran dan harga produk kayu Indonesia, karena kredibilitas kayu Indonesia diragukan dari sisi legalitas apalagi kelestarian produksinya. Akhirnya, pada tanggal 12 Juni 2009, Menteri kehutanan menerbitkan Permenhut No. P.38/Menhut-II/2009 tentang Standard dan Pedoman PK PHPL dan VLK pada Pemegang Izin atau pada Hutan Hak.

 

Jadi nilai penting SVLK ini adalah:

  1. Image Indonesia membaik

  2. Produk kayu Indonesia diakui dan diterima di pasar (internasional)

  3. Perbaikan forestry governance (di pemerintah, swasta, masyarakat)

  4. Tercapainya kelestarian hutan Indonesia

 

Keuntungan dari pelatihan SVLK

 

Dapat menjadi professional bersertifikat SVLK, anda akan mendapatkan manfaat :

  1. Memahami pentingnya audit/sertifikasi SVLK

  2. Memahami persyaratan persyaratan SVLK

  3. Memiliki keterampilan dasar audit  Internal / Satuan Pengawasan Internal

  4. Membantu organisasi untuk membentuk image kelestarian produksi

 

Bagaimana cara untuk mengikuti pelatihan SVLK?

Jika Anda ingin membuat perubahan bagi anda dan perusahaan dan bersedia mengambil tantangan untuk memperoleh sertifikasi SVLK, Mutu Institute akan memastikan kebutuhan Anda akan terpenuhi dan Anda akan menjadi bagian dari berubahan.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lengkap.

Untuk mendapatkan pengetahuan tentang sistem verifikasi legalitas kayu melalui kegiatan pelatihan SVLK yang diselenggarakan oleh Mutu Institute, silahkan pilih jenis pelatihan yang telah kami sediakan dibawah ini.

01

UNDERSTANDING & IMPLEMENTING

Pelatihan pemahaman SVLK adalah pelatihan memahami persyaratan-persyaratan SVLK dan pengenalan mengenai peraturan dan perundang-undangan terkait SVLK

 

2 Hari, Ada Ujian, Bahasa Indonesia, Sertifikat Kehadiran

02

INTERNAL AUDITOR

Pelatihan internal audit SVLK adalah pelatihan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis kepada peserta agar dapat mengelola program audit internal dan melakukan kegiatan audit internal SVLK. Pembahasan pada pelatihan internal audit SVLK sebagian besar adalah pengetahuan tentang teknik audit SVLK, persyaratan-persyaratan SVLK dan sekilas pengenalan mengenai peraturan dan perundang-undangan terkait SVLK

3 Hari, Ada Ujian, Bahasa Indonesia, Sertifikat Kehadiran